Cara Paling Cepat Belajar Gitar Pemula

22:48

Cara Paling Cepat Bermain GitarCara Paling Cepat Belajar Gitar - Siapa yang tidak tahu dengan gitar, semua orang juga pasti mengetahui alat musik satu ini. Saya Akan sedikit berbagi sedikit pengalaman saya dalam mempelajari gitar. Mungkin bagi anda kalangan All Star bermain gitar bukanlah sesuatu yang sulit, namun bagi pemula seperti saya alangkah sulitnya walau hanya menghafal satu lagu yang hanya terdiri dari beberapa chord saja, oke langsung saja ke-TKP.


 Berikut beberapa tips cepat yang harus anda ketahui dalam belajar gitar:

1. Memiliki Kemauan
Dengan memiliki kemauan yang keras dari lubuk hati anda yang paling dalam dan dengan diiringi ketekunan berlatih saya yakin anda pasti bisa bermain gitar secara profesional.

2. Mengenal Jenis atau Aliran Musik
Pada masa-masa belajar, sangat penting bagi anda mengetahui jenis musik, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord.

3. Punya Gitar Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi Anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar, Anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka ketika jari anda menekan chord. Gitar Nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan.

 
Belajar Chord Dasar Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti Am, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit. Berikut ini beberapa chord yang bisa anda pelajari: 
 

Belajar Memetik dan Menggenjreng
Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.

Mempelajari Nada Sebuah Lagu
Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencari chord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4 dengan Jet Audio atau Winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, di-pause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau Anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada Aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : Intro_01-Intro_02-Chorus-Reff-Intro_02-Chorus-Reff-Melody-Reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama.

Mencari Guru Gitar
Guru gitar yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yang lebih ahli dari anda ataupun video berlatih gitar. Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi.

Tekun Berlatih
Kunci dari semuanya adalah tekun. Karena Steve Vai, salah SEOrang dewa gitar, pernah berkata, “untuk bermain dgn sangat cepat, mulailah dgn yg sangat lambat…“. Mekanisme yang perlu Anda lakukan hanyalah berlatih Fingering atau senam jari secara teratur, berlatih berpindah chord maupun berlatih melodi.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan berkomentar ...